h1

If You Were a President

Maret 14, 2009

Andai a…a…a… aku seorang presiden.

Lagunya Oppie Andaresta yang “Andai”, “Andai a…a…a… aku jadi orang kaya”, sekarang dah ga berlaku lagi. Kenapa? Soalnya dah banyak banget orang kaya di Indonesia, ga percaya? Banyaknya orang yang pake sepeda motor en mobil atau beberapa yang punya villa plus apartment menandakan bahwa Indonesia banyak banget orang kayanya… Well, gw siy ga tau kaya beneran atau kaya utangnya. Tapi menandakan tetep kaya lah, soalnya semakin banyak motor atau mobilnya makin banyak bayar pajaknya.

Nah… karena sekarang lagi asyik-asyiknya pemilu atau bejibunnya orang yang mo jadi anggota DPR atau DPD, gw mo ngebahas resolusi-resolusi apa yang lo lakuin klo lo jadi president, atawa anggota DPR atawa DPD deh!!!

Plus gw bener2 muak liat muka-muka senyum yang ngalahin “Sedot WC” en “Badut”.

Klo gw… sebagai salah satu anak Indonesia en generasi penerus bangsa (tsah… salah makan kayanya…) gw punya resolusi kaya gini :

1. Meningkatkan kualitas pendidikan dan mewajibkan bersekolah hingga tamat SMU (Well, kuliah itu sebuah opsi personal) serta membantu seruluh anak Indonesia yang tidak mampu untuk bersekolah.

Nah dengan meningkatkan pendidikan untuk generasi penerus, kita menyimpan harta karun terbesar seolah-olah bom nuklir untuk bisa membangun perekonomian dan moral bangsa. Klo subsidi pendidikan 20% apa artinya, moral dan sifat harus dibenahi dulu bahkan sejak dini. Semakin tinggi ilmu seseorang maka ia akan semakin berpikir baik buruknya suatu tidakan dan akibatnya di masa yang akan datang.

2. Love INDONESIA!!!, Swasembada dalam segala bidang.

Dalam bidang perindustrian, peternakan, perikanan, dan kebutuhan sekunder serta tersier lainnya.
Mencintai produk Indonesia dalam kehidupan sehari-sahri itu yang paling penting, selain meningkatkan perekonomian juga meningkatkan taraf hidup rakyat Indonesia lho, plus yang terpenting dari semua itu adalah terbukanya lapangan pekerjaan yang lebih banyak lagi. Juga berterimakasihlah pada petani-petani kecil maupun para peternak di Indonesia karena mereka kita bisa swasembada beras (bukan ke menteri atau presiden, mereka kan ga ikut nyangkul sawah), dan masih menganut sistem peternakan konvensional yang terbaik (dunia bagian barat rusak karena peternakan dan pertanian modern).

3. Persempit kesenjangan sosial dengan saling membantu dan menghormati.

Hilangkan feodalisme, ampyun deh… sampe sinetron-sinetron ga bermutu temanya kebanyakan juga karena itu. Dengan saling membantu memperbanyak pahala buat kiamat besok choy, jadi banyak-banyaklah menolong sesama.

4. Cintailah daerahmu. Jadikan daerahmu sebagai metropolitan atau megapolitan sekaligus!!!

Gw cinta ma daerah gw, dekat laut, perikanan yang berlimpah… dari pada di Jakarta yang terpolusi ini… Gw dengan senang hati dipindahkan ke daerah. Apakah anda juga begitu?. Coba bayangkan kalau daerah2 lain sama berkembangnya kaya jakarta, ga perlu ada urban atau sub-urban.

5. Love Your Earth.
Gunakan kecerdasan dan moral dalam setiap pengambilan tindakan sehingga apa yang kita lakukan tidak akan merusak alam.

Mengatasi pemanasan global ga cuma dengan cara mengurangi energi, pengurangan polusi udara atau penghijauan kembali. Tetapi juga dari diri kita sendiri untuk bisa lebih bijaksana lagi dalam penggunaan sumber daya alam maupun pengelolaannya.

Yah… jadi inti dari semua omong-kosong ini sebenarnya adalah Kesadaran diri sendiri dan Kesadaran bersama. Tanpa kedua hal ini, bangsa kita tidak akan maju dan terus berkembang, dengan dua hal tersebut kita juga dapat saling bertoleransi dan membantu sesama. Gw mendukung gerakan PNPM, yang mengadaptasi dari sistim yang juga berkembang di India. Dengan memberikan modal dan men-sarana-i pengembangan swadaya masyarakat, sehingga secara tidak langsung menumbuhkan usaha-usaha kecil yang terstruktur dengan baik.

Tapi gw ga yakin, karena banyak orang yang saat ini mementingkan diri sendiri, tak mau membantu sesama dan bahkan tidak memperdulikan hak-hak orang lain. Selama 22 tahun gw hidup dan melihat, gw menyimpulkan :

1. Makin banyak partai yang ga bermutu (pa ga bangkrut? bikin partai kan mahal, pantes korupsi)

2. Makin banyak sinetron yang ga bermutu (klo ini banyak yang untung, soalnya rakyat indonesia seneng dikasih yang melankolis2 plus kejem2an)

3. Makin banyak artis yang ga bermutu (klo ini siy eksploitasi, tapi yang dieksploitasi ga kerasa)

4. Makin banyak infotaimen yang ga penting (lebih penting bukan empat mata malah)

5. Makin banyak sekolah yang ga bermutu (atau lebih tepat menurun mutunya)

So kalo lo jadi presiden? Apa siy yang mo lo ubah pertama kali???

Dan pertanyaan buat seluruh rakyat Indonesia, apakah kita butuh pemerintah jika kita tak lagi menganggapnya sebagai wadah penyampai aspirasi? Dan apakah kita bisa mempercayai mereka/orang2 yang sama walau sistimnya berubah?

Now, it’s your turn to choice and decide your future. Keep on writing,

See You All😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: