h1

To be honest, I’m not a chef

Mei 7, 2009

Something wrong with me or my post?

Gw baru aja buka FB lagi, banyak banget yang nge-add n lama ga gw confirm. Trus secara ga sengaja gw buka inbox di FB, dan ada message dari salah satu teman bernama ‘Librex Hasugian’. Gw baca pelan-pelan messagenya dari atas kebawah, dan hasilnya adalah… gw ngakak setengah mampus, busa keluar dari idung ditambah shock ga ketulungan. Seorang anak muda berumur dua puluh tahunan yang lulus di jurusan teknik telekomunikasi ini mana mungkin bisa menjawab semua pertanyaan yang cuma sanggup dijawab oleh Bara Pattirajawane atau Chef dadang. Nah isi messagenya kaya gini nih…

Subject : bantuin donk…
From : Librex Hasugian
Submitted : March 31 at 12:31pm
Report Message

Salam kenal ya…
Mo minta tolong ni mba…
Saya pernah membuat crepe dengan komposisi,
– Tepung terigu 1,5 cangkir kecil
– Susu murni 0,5 cangkir
– Gula 0.25 cangkir
– Garam 1 sendok teh
– Telor 2 butir (1 btr kuning dengan putihnya, 1 butir hanya kuningnya saja)
– vanili 2 tetes
– Mentega cair 1 sendok teh
Hasil yang saya dapatkan, waktu mencetak, creps sudah gampang di bentuk sesuai lingkaran yang diingikan tanpa putus2. Rapuh nya sudah bagus. Rasanya sudah sesuai dengan selera saya.
Yang saya ingin tanyakan:
Hasil crepe tersebut bawahnya tidak rata, jadi seperti telor dadar.
Gimana caranya membuat agar permukaan dasarnya hasilnya halus, tanpa ada gelembung2 ??
Crepe yang saya buat agak lama kering nya, tidak seperti crepe2 yang pernah saya perhatikan yang ada di bandung. Gimana caranya membuat dia lebih cepat kering dan rapuh ??
Wangi vanilinya tidak terasa, tapi saya pernah coba dengan menambahkaan lebih banyak vanili, hasilnya jadi tidak enak, terlalu menusuk ke hidung seakan2 baunya sampai menggangu ke otak(terlalu menyengat). Apa ada bahan lain untuk menggantikan vanili sebagai pewangi makanan??
Bau tepung terigunya di adonannya terlalu keliatan. Bagaimana cara menghilangkan bau tepung terigu nya ya..??
Pertanyaan lain, apa sebenarnya pengaruh kuning telor dan putih telor di adonan…??
Susu berpengaruh apa pada adonan??
Maaf ni banyak banget pertanyaannya..
Moon bantuannya ya….
Klo masih boleh, sekalian saya mau nanya cara buat topping(vla) rasa mocca gimana ya…???
Terima kasih buat bantuannya ya mba….

Gw yakin dia telah membaca postingan gw yang judulnya ‘Crepe, Pancake & Waffle’. Gw dah ngasih dia balesan di FB-nya juga, untuk melihat postingan lanjutan yang judulnya ‘Chicken Sausage Pancake’. Gw baru sadar, waktu gw lihat stats gw, kebanyakan orang emang menuin blog gw sebagai blog dengan resep kue, waffle, pancake dan crepes. Padahal gw masak semua itu aja ga ada yang jadi satupun. Bahkan buat makanan berbahan tumispun bisa menjadi sayur campur ga jelas. Thanks dah baca postingan gw, semoga kue-kue yang kalian buat berhasil (postingan dan resep-nya asli bener, authornya yang ga bisa masak). And to be honest, i am not a chef, really. Untuk pertanyaan-pertanyaan sejenis yang ditanyakan Librex, mohon untuk langsung ditanyakan pada Pak Bondan Winarno, Pak William Wongso atau Chef Bara. Oke!!! Selamat memasak, salam mak nyus selalu.

PS : Semua pertanyaan taruh aja dicomment atau langsung ke e-mail di personal_g305@yahoo.com, klo di FB atau FS jarang dibaca. Thank for all.

See You All😛

One comment

  1. add fb gw donk…
    nisadmulan@yahoo.co.id



Tinggalkan Balasan

