h1

Pandora Hearts Reviews

Oktober 25, 2009

Salah satu manga & anime yang bisa membuat gw ketawa sekaligus penasaran selain Eyeshield 21


Yup Pandora Hearts (パンドラハーツ, Pandora Hātsu), manga karya Jun Mochizuki. Manga ini diserialisasikan dimajalan GFantasi bersamaan dengan Kuroshitsuji yang keluar setelahnya. Yang kerennya lagi, gw jadi sedikit memiliki gambaran banyak manga keluaran Square Enix (salah satu penerbit di Jepang) yang ide ceritanya sedikit mirip begitu juga dengan gaya penggambarannya.

Coba kita bandingkan Pandora Hearts dengan Kuroshitsuji (Black Butler) mereka memiliki kemiripan dalam penggambaran tokoh dan juga setting time-nya. Walau Pandora Hearts dan Black Butler beda dunia (istilahnya) tapi baju dan jaman terjadinya peristiwa mereka sedikit mirip. Lalu Nabari no Ou (The Ruler of Nabari) yang keluar sebelum kedua manga tersebut, penggambarannya juga mirip, walau ide ceritanya beda abis dan mirip Naruto, tapi a must read menurut gw. Terus Darker Than Black yang lagi memulai seri baru, juga ide cerita Keiyakusha (Contractor) nya mirip dengan Pandora Hearts dan beda pengembangan. Bisa dikatakan, manga one shot Mochizuki sensei sebelumnya Crimson Shell, adalah titik point penggembangan karakter di Pandora Hearts. Tapi semuanya menarik untuk dibaca, ditonton dan ditunggu kelanjutan kisahnya.

Alice, Gil & Oz

パンドラハーツ
(Pandora Hatsu)
Genre 	Mystery, Fantasy, Action, Comedy, Romance
Manga
Author 		Jun Mochizuki
Publisher 		Square Enix
English publisher 	Yen Press
Demographic 		Shōnen
Magazine 		GFantasy
Original run 		June 2006 – ongoing
Volumes 		10
TV anime
Director 		Takao Kato
Studio 		XEBEC
Network 		TBS, BS-TBS
Original run 		April 2, 2009 – ongoing

Masuk ke Pandora Hearts!!! Kita ketemu banyak tokoh menarik dan pengisi suara yang keren abis. Fukuyama Jun, Ishida Akira, Minagawa Junko, Horie Yui, aah banyak deh. Dan untuk maskot mereka adalah kelinci hitam! Black Rabbit yang emang jadi tokoh utama cerita, disamping beberapa boneka lain seperti kelinci putih dan Emily. Mochizuki sensei sendiri menggunakan kucing hitam sebagai maskotnya.

Cerita dimulai ketika Oz Vessalius salah satu penerus bangsawan berumur lima belas tahun. Tepat dihari ulang tahunnya dia juga harus melaksanakan upacara pendewasaan. Dia digambarkan sebagai karakter yang seenaknya sendiri, kaya dan sering menjahili pelayan pribadinya Gilbert (Gil). Walau begitu ada satu hal yang selalu disembunyikan olehnya dari orang lain. Yaitu kesedihan karena Ayahnya yang tidak menerimanya dan mempedulikannya.

Sebelum upacara pendewasaan dia berkeliling dimansion bersama adik perempuannya Ada (Eida) dan pelayannya Gil. Secara tidak sengaja dia menemukan sebuah kuburan tua diruang bawah tanah dan sebuah jam saku yang tergantung disalah satu tepian nisan. Saat Oz memegang jam tersebut, untuk pertama kalinya dia bertemu dengan ‘Penguasa Abyss’ yang telah menunggunya untuk takdir yang tidak dia ketahui.

Diupacara kedewasaan semuanya berubah. Jam yang hening dan tak pernah berdetak selama seratus tahun, saat Oz menyentuhnya jam itu langsung berdetak menuju kearah jam 12. Bersamaan dengan bunyi jam tersebut, sebuah chain (mahluk yang terlahir di Abyss) muncul dan mengklaim bahwa Oz adalah miliknya. Gil pelayan setianya justru menikam tepat diatas jantungnya dan membuat ritual untuk membuka pintu Abyss, bersamaan dengan datangnya beberapa orang yang disebut sebagai ‘Dewa Kematian’ bertudung merah. Mereka menjebloskan Oz ke penjara Abyss atas dosanya yaitu ‘Keberadaannya didunia’.

Cerita Pandora Hearts banyak yang mengacu pada cerita dongeng Alice in The Wonderland dan Through The Looking-Glass yang dikarang oleh Lewis Carroll.

Ah… If you read this, it’s will opened the spoiler, so don’t blame on me okay…

Pandora Char

Let Me Introduce Them All!!!

Oz Vessalius

Tokoh utama, pemuda berusia 15 tahun, berambut pirang dengan mata hijau zamrud dari keluarga bangsawan Vessalius. Ibunya meninggal karena dibunuh oleh keluarga bangsawan Nightray. Walau begitu dia anak yang ceria, optimis, dan enerjik. Terkadang dia sangat senang menjahili pelayannya Gil, dan mendapatkan kosakata baru untuk merayu setiap gadis yang menurutnya imut dan manis.

Saat dia masih kecil, dia belajar keras untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari ayahnya. Tapi setelah tahu bahwa ayahnya tidak mepedulikannya dan berharap da tidak dilahirkan, Oz jadi anak yang selalu pasrah menerima kenyataan dan membiarkan dirinya dilukai demi melindungi orang lain.

Oz dijebloskan ke penjara bernama Abyss karena keberadaannya didunia. Lalu disana dia bertemu dengan chain bernama Alice yang mirip dengan ‘Penguasa Abyss’ yang menyerangnya saat pertama kali dikuburan tua. Setelah mengetahui bahwa Alice bukanlah penguasa Abyss dan berniat keluar dari penjara tersebut, Oz bersedia melakukan kontrak denganya demi menjaga eksistensi Alice sebagai mahluk Abyss di dunia manusia.

Karena merasa memiliki kesamaan dengan Alice, Oz bersedia membantu untuk mengumpulkan ingatannya yang terpencar didunia manusia sekaligus mengetahui dosa apa yang membuatnya dijebloskan ke Abyss.

Oz mirip dengan pendahulunya yaitu Jack Vessalius yang terlibat dalam Tragedi Sabrie 100 tahun yang lalu dan dinobatkan sebagai ‘Hero/Mr. Hero’ setelah mengalahkan dalang tragedi tersebut yang merupakan temannya sendiri. Masih belum jelas apa hubungan Oz dan Jack, lalu hubungan mereka dengan penguasa Abyss. Tapi sudah dipastikan Oz adalah kunci penting untuk menggerakkan Abyss kedunia manusia.

Gilbert Nightray

Pelayan dan sahabat baik Oz. Baginya Oz adalah orang yang sangat berharga, dan selalu memberikan semangat bila dia merasa resah ataupun sedih. Walau begitu, Oz memperlakukannya dengan kejam. Kegiatan menyiksa Gil dengan melemparkan kucing (Gil takut kucing) ataupun mengejeknya adalah hal rutin yang membuat Gil merasa tidak berguna.

Setelah Oz dijebloskan ke Abyss, Gil diangkat menjadi salah satu bangsawan Nightray demi menolong Oz (atas nasehat, perintah tepatnya dari Xerxes Break), walau itu berarti sama dengan mengkhianati tuannya.

Nigthray adalah keluarga bangsawan yang berkerja dibalik layar, mereka melakukan pembunuhan dan pekerjaan kotor lainnya demi sebuah oraganisasi bernama Pandora. Sementara itu Vessalius adalah keluarga bangsawan yang bekerja untuk umum. Karena itu, demi menolong Oz, Gil berusaha keras mempelajari teknik menembak dan mengotori tangannya dengan darah untuk memperoleh kontrak legal dengan chain bernama Raven yang dikurung dikeluaga Nightray.

Setelah bertemu Oz kembali, 10 tahun telah berlalu. Gil menjadi pria dewasa berumur 24 tahun sementara Oz masih tetap seperti anak-anak berumur 15 tahun (dan membuat Oz iri karea dia lebih pendek dari Gil sekarang). Walau dari luar dia terlihat cool dan jarang berbicara, tapi saat dia minum, Gil kembali menjadi Gil kecil yang penakut dan cengeng.

Oz mengetahui bahwa Gil berasal dari 100 tahun yang lalu bersama adiknya Vincent, dan telah menjadi pelayan Jack. Sampai sekarangpun, Gil masih tetap setia pada Jack dan juga pada Oz yang telah menjadi medium bagi jiwa Jack.

100 tahun sebelumnya, Gil telah meninggal demi melindungi Jack. Tapi adiknya Vincent, melakukan ritual pembukaan pintu ke Abyss demi menolongnya dan menghidupkannya kembali. Sepertinya Gil adalah salah satu tersangka pembunuh Alice 100 tahun yang lalu. Walau VIncent juga bisa jadi tersangka karena guntingnya tertinggal disana.

Alice

Tokoh utama wanita dengan tinggi 150cm, berambut coklat gelap dengan dua kepang. Dia seorang chain yang terlahir di Abyss. Pergi kedunia manusia dengan Oz sebagai kontraktornya demi mencari ingatanya yang hilang. Cerewet, keras kepala, suka makan daging, dan selalu bisa membangkitkan Oz yang sedang terpuruk dengan kata-katanya yang kasar (atau bisa dibilang idiot).

Alice adalah chain yang terkenal karena kebrutalannya disebut juga sebagai Blackstained Blood Rabbit atau singkatnya B-Rabbit. Menurut Jack, Alice adalah gadis dari 100 tahun yang lalu. Hanya saja, Alice yang sekarang bukanlah Alice yang dia kenal.Alice yang Jack kenal adalah Penguasa Abyss.

Dari diary yang ditulis Jack, Alice adalah gadis kembar. Yang Jack kenal adalah Alice yang lahir sebagai manusia, menyukai pakaian berwarna putih, dan kucing hitam bernama Cheshire yang selalu menemaninya. Tapi Jack juga menemukan Alice yang lain, sebagai salah satu kepribadian yang lain dan ternyata itu adalah Alice yang terlahir di Abyss sebagai Chain, menyukai warna gelap dan Cheshire pun tidak mengenalinya.

Alice adalah orang yang mengambil mata kiri Break saat dia menggunakan tubuh Penguasa Abyss dan memberikannya pada Chesire sebagai ganti mengembalikan masa lalu Break. Tapi saat Vincen datang, Penguasa Abyss kembali dan mengatakan bahwa dia tidak megetahui siapa Break.

Bisa disimpulkan bahwa, Penguasa Abyss, menghilangkan ingatan Alice dan mungkin juga ingatannya untuk menutupi perasaan terluka, dan Alice mencari ingaan tersebut dengan alasan yang masih terselubung.

Xerxes Break

Umur : Tidak diketahui. Rambut : Perak. Mata : Merah ruby. Hobi : Makan makanan manis dan bermain boneka kesayangannya yang bernama Emily.

Tokoh yang seenaknya sendiri sekaligus menyeramkan. Dia sering tersenyum dan sangat suka mengejek Alice dan Gil, tapi saat dia ingin bisa menjadi orang yang kejam lho. Break adalah orang dari masa 30 tahun lalu saat masih ada peperangan politik dan bekerja sebagai seorang Knight untuk bangsawan Sinclair, nama aslinya adalah Kevin Regnand. Tetapi majikannya terbunuh saat terjadi pencurian, sedangkan Break dan putri termuda majikannya sedang tidak berada dirumah.

Merasa bersalah atas kejadian tersebut, Break menjadi kontraktor ilegal dan berniat mengulang masa lalunya. Dia bertanggung jawab atas tewasnya ratusan orang dikota tersebut dan dijebloskan ke Abyss yang paling dalam.

Disana dia bertemu dengan Alice dan Penguasa Abyss. Memintanya agar dapat mengulang masa lalunya. Setelah keinginannya terkabul dengan ganti bisa mengabulkan keinginan Penguasa Abyss, Break dikirim ke masa 30 tahun setelahnya dan terlempar didepan pintu Abyss yang dijaga oleh keluarga bangsawan Rainsworth.

Setelah mendengar masa lalunya yang ditulis ulang tidak sesuai dengan kehendaknya, Break menyalahkan dirinya dan juga Penguasa Abyss. Dia menjadi pribadi yang penyendiri dan tidak menyenangkan. Namun dia mulai terbuka kembali saat Shelly Rainsworth, ibu Shalon (Sharon), memperlakukannya dengan sangat baik. Chainnya adalah Mad Hatter, dan Alice menyebutnya sebagai Badut.

Sampai saat ini tidak diketahui perjanjian apa yang dibuat Break dengan Penguasa Abyss, tapi dia memberi tiga opsi pada Oz mengenai masa depannya. Pertama, membiarkan waktu berlalu dan membawanya ke kegelapan terdalam di Abyss. Kedua, mencari tahu apa dosanya dan ada kemungkinan untuk selamat dan Ketiga, jika Oz berhasil menemukan jawabannya, dia-lah yang akan bergerak.

Shalon Rainsworth

Putri keluarga bangsawan Rainsworth yang tetap terlihat seperti gadis berumur 13 tahun, walau umur aslinya 23 tahun. Punya kebiasaan Queen a Like, kalau sedang minum teh. Dia sangat menyukai Alice dan memperlakukannya sebagai saudara, bahkan mengajarinya untuk membaca buku cerita cinta.

Hubungan Shalon dan Break tidak terlihat seperti Majikan dan Pelayan (terkadang jadi ragu kalau itu justru sebaliknya), mereka terlihat seperti kakak adik dan Shalon justru senang bisa berguna untuk Break. Bahkan waktu kecil dia memanggilnya dengan nama Xerxes-nii (Kakak).

Shalon punya kebiasaan memukul Break dengan Harisen (Kipas besar dari kertas) yang merupakan kebiasaan turun menurun dari neneknya. Chainnya adalah Eques yang berbentuk kuda hitam dan bisa berjalan-jalan di Abyss melalui bayangan orang yang masuk kesana. Berguna untuk penyelidikan dan mata-mata, tapi bukan berarti lemah dalam hal bertarung.

Oscar Vessalius

Paman Oz yang selalu ceria. Tipe ayah idaman bagi Oz dan Gil. Dia juga anggota pandora dan mendukung Oz lebih dari siapapun. Entah kenapa dia bisa berhubungan baik dengan Break yang sifatnya seperti itu.

Ada Vessalius

Ada (Eida) adalah adik perempuan Oz. Dia masuk kesekolah berasrama bernama Latowidge tempat anak-anak bangsawan bersekolah. Oz tidak belajar disana karena memilih untuk Home Schooling. Oz kembali bertemu dengannya saat di Latowidge dalam usaha mencari orang yang disukai Ada dalam suratnya. Imut dan manis. Tapi Oz jadi sedikit minder karena adiknya sekarang lebih tinggi darinya. Punya kucing bernama Dinah, dan saat di Latowidge punya dua kucing, satu hitam dan satu putih bernama Snowdrop.

Vincent Nightray

Adik Gil yang beda setahun. Rambutnya emas, dan mengalami Heterochromia sehingga warna matanya yang sebelah berwarna emas dan yang satu lagi merah ruby. Dia sangat menyukai Gil, dan sepertinya kelewat suka sampai pada batas melakukan apapun untuk menyelamatkan kakaknya tersebut. Vincent juga dari 100 tahun yang lalu, dan salah satu tersangka pembunuh Alice.

Dia mengerti Gil menemaninya dijalanan walau berusaha ingin membuangnya tapi tidak tega. Sampai akhirnya Jack membawa mereka kerumahnya. Mereka berdua akhirnya menjadi pelayan Jack.

Dia anggota pandora yang juga berhubungan dengan Baskerville. Dia juga yang membuka pintu ke Abyss dan menjadi penyebab terjadinya Tragedi Sabrie. Punya kebiasaan membawa gunting dan memotong bunga mawar ataupun boneka kelinci. Memiliki chain bernama Yamane, yang berbentuk seperti mainan tikus dengan sekrup dipunggungnya. Yamane selalu tertidur dan membuat pemiliknya ikut tertidur.

Pada omake (Bonus), Gil bertanya apa jadinya jika sekrup Yamane diputar, dan Vincent menjawabnya dengan bercanda. Jika sekrupnya diputar maka mata Yamane akan terbuka dan menggeram marah pada orang yang membangunkannya.

Hal tersebut karena dia begitu membenci Alice yang membuat Gil marah karena Alice mengejek soal matanya dan membuat Jack sedih karena mereka tidak bisa berteman baik.

Echo

Pelayan Vincent yang wajahnya tidak memancarkan emosi apapun seperti boneka. Echo sangat setia pada Vintcent dan menganggap kata-katanya adalah Hukum yang berlaku. Memiliki kepribadian ganda yang bernama Noise.

Noise sendiri sebenarnya adalah Zwei, anggota Baskerville yang juga mengontrol Gil waktu kecil untuk melukai Oz. Chainnya bernama Doldam yang bisa mengontrol tubuh maupun pikiran lawannya.

Jack Vessalius

Mr. Hero dalam cerita 100 tahun yang lalu. Wajahnya mirip dengan Oz kalau telah dewasa dengan rambut panjang yang dikepang. Anak ketiga dari keluarga Vessalius, dan tidak begitu diharapkan oleh kedua orang taunya. Kehidupannya bebas dan senang merayu para gadis. 100 tahun lalu, keluarga Vessalius adalah bangsawan kelas tiga, dan sejak Jack mengalahkan Glen Baskerville, dia diangkat sebagai pahlawan dan keluarga Vessalius menjadi pengganti Baskerville dalam pandora dan menjadi salah satu dari Empat Bangsawan Besar.

Dalam diary yang ditulisnya, dia menyesal karena harus membunuh Glen yang notabene adalah sahabat satu-satunya, dan diakhir kalimatnya dia menuliskan, “Kumohon, kumohon jangan panggil aku pahlawan.”

Jack sepertinya memiliki perasaan khusus terhadap Alice (Penguasa Abyss), dan meminta Oz untuk terus mencari ingatan Alice yang terpencar.

Pada chapter terakhir, diketahuhi bahwa Jack meninggal untuk dijadikan persembahan untuk tubuh Glen yang baru, dan bersamaan dengan itu dia meminta pada Arthur Barma untuk membelah tubuhnya menjadi lima dan menempatkan kutukan pada kelimanya supaya Glen tidak bangkit kembali. Saat ini Baskerville telah menemukan satu, yaitu bagian tangannya.

Eliot Nightray

Anak ketiga dari keluarga Nightray dan menjadi penerus karena dia adalah anak kandung. Eliot tipe orang yang selalu berbicara blak-blakan, dan tidak peduli apa respon dari lawannya.

Mahir dalam berpedang dan bersama pelayannya Reo, dia menciptakan lagu berjudul ‘Lacie’ yang juga sering dinyanyikan oleh Lacie dan dijadikan lagu untuk kotak musik dalam bentuk jam saku oleh Glen dan Jack.

Pada chapter terakhir, diketahui bahwa Eliot memiliki memory Glen dan sering mimpi buruk karenanya.

Leo

Leo (Reo) adalah pelayan Eliot, rambutnya hitam dan acak-acakan serta berkacamata. Dia juga murid di Latowidge bersama Eliot dan Ada. Walaupun dia adalah pelayan Eliot, dia tidak bertingkah sebagaimana mestinya bahkan akan membuat Eliot meminta maaf atas kesalahannya jika itu perlu.

Leo membawa senjata tapi menurut Eliot dia kelihatannya tidak bisa menggunakannya baik pistol maupun pedang.

Another Character

Lacie : Orang yang disukai Glen dan menjadi korban untuk Abyss, dia adalah ibu dari Alice dan Penguasa Abyss.

Glen Baskerville : Sahabat Jack, dan dalang peristiwa Tragedi Sabrie. Dia bukan manusia dan membutuhkan tubuh baru melalui ritual kegelapan. Tubuh baru yang diinginkannya 100 tahun yang lalu adalah Gil, tapi ritual terhenti saat Vincent membuka pintu ke Abyss.

Zai Vessalius : Ayah Oz dan inti masalah dari pada sisi kepribadian Oz yang brutal. Salah satu Dewa Kematian dalam upacara pendewasaan Oz. Dia ingin menjebloskan Oz ke Abyss bersama seluruh anggota Baskerville.

Rufus Barma : Anggota Pandora yang terlihat muda karena memiliki kontrak legal dengan chain. Dialah yang membuka masa lalu Break dan menceritakan mengenai Alice kembar. Juga salahs atu orang yang menemukan dan menterjemahkan diary Arthur Barma dalam kode yang sulit.

And many other characters that makes me feel tired to write it.

Terminology

The Four Great Duke House (四大公爵家, Yondai Koushaku Ke)

Empat bangsawan besar pendiri pandora. Diantaranya Vessalius, Nightray, Rainsworth dan Barma. Mereka memiliki satu pintu yang terhubung ke Abyss, dan menyelidiki apa Abyss itu sebenarnya. 100 tahun lalu Baskerville adalah salah satu anggotanya dan tersingkir sejak Glen menumpahkan tragedi Sabrie, mereka akhirnya memiliki pintu terakhir, pintu kelima.

Abyss

Sebuah penjara yang terlihat seperti penjara atau kotak mainan yang rusak tergantung di pelihat itu sendiri. Menurut pandora, Abyss adalah sebuah rahim yang melahirkan chain. Tapi rahim tersebut rusak dan chain menjadi mahluk yang tidak terkendali dan dapat muncul di dunia manusia.

Dan Oz adalah kunci untuk membenarkan sistem yang rusak tersebut, dalam arti lainnya, Oz memiliki penggerak kekuatan Abyss yang sesungguhnya.

Intention of Abyss (アヴィスの意志, Avisu no Ishi)

Disebut juga The Will of Abyss atau Penguasa Abyss. Alice dengan rambut putih dan baju putih, begitu yang terlihat. Terkadang dia menggunakan boneka kelinci putih sebagai penggantinya. Dialah Alice yang Jack kenal.

Chain

Mahluk yang terlahir di Abyss, wujud mereka terlihat sebagai boneka yang besar dan kejam. Chain terlemah adalah Trumph yang sering menyerang orang tanpa pandang bulu. Mereka perlu kontraktor untuk mempertahankan eksistensi mereka di dunia manusia. Ada yang bisa melalui cara legal dan ada yang ilegal. Dan jika ilegal mereka akan terus meminta kekuatan dengan cara memakan manusia dan menggerakkan segel jam kontraktor dan menarik mereka ke dasar Abyss.

Chain dapat berwujud manusia seperti Alice dan Chesire. Yang terlihat sampai chapter terakhir ada beberapa chain. Raven yang merupakan burung gagak, Mad Hatter yang seperti badut dengan topi besar berbunga, Eques si kuda hitam, Leon singa dengan mahkota, Alice si kelinci hitam, Yamane yang seperti tikus, Jabberwock yang mirip burung dan Mad Baby yang seperti kalajengking yang berwajah bayi.

Kontraktor (契約者, Keiyakusha)

Adalah orang yang melalukan kontrak dengan chain. Mereka diberi iming-iming dapat merubah masa lalu jika melakukan kontrak. Kontraktor legal seperti anggota pandora tidak akan bertambah tua karena kontrak tersebut, sedangkan kontraktor ilegal akan memiliki tanda segel jam didada mereka. Jika jam tersebut telah melakukan satu putaran penuh, maka mereka akan diseret kedasar Abyss.

Pandora

Organisasi yang dari luar terlihat sebagai pelindung negara, tapi tujuan mereka sebenarnya adalah menyelidiki mengenai Abyss. Anggotanya bisa melakukan kontrak dengan chain dan tidak bertambah tua walaupun waktu berlalu, tapi menurut Break itu hanya akan membebani tubuh.

About Anime

Jalan ceritanya hampir mirip dengan manga walau ada beberapa perubahan, tapi alurnya tetap sama. Kualitas gambarnya tidak sebaik manganya, dan itu membuat gw sedikit kecewa. Tapi berkat pengisi suara yang yahui dan background soundtrack oke punya menutupi kekurangan tersebut.

About My Opinion

Mochizuki sensei benar-benar membuat cerita yang benar-benar membuat para pembaca penasaran dan ingin melihat kisah selanjutnya. Tapi beliau benar-benar bisa membuat sesuatu yang tidak terduga, jadi deg-degan, pasti ada karakter yang bakal berubah. Misalnya Break yang dari awal kelihatan deuteragonis, bisa jadi apa ya dia nanti? Gil yang sepertinya saat ini dia masih tetap pelayan yang tidak berguna ahaha, dan Alice yang sebenarnya serta Oz si tokoh utama dan jadi penentu cerita.

Pokoknya dia bakal membuat orang terkejut di akhir cerita. Ini seperti kejadian di Crimson Shell saat gw sangat-sangat suka pada Zion. Uhuhu… my Zion… why you’re dead… Xeno too…

And the least but not last

Oke, its all. Sampai sekarang gw belum tau apa isi dari official guide book-nya soalnya masih belum ada terbitan bahasa inggrisnya tapi kalian bisa beli online kok dan untuk sekarang cuma ini yang bisa gw kasih kekalian. Ah, for more detail you could visit to Wikipedia or animenews. See you and enjoy the books…

15 komentar

  1. Pandora heart ap ad nenek2nx…?

    Ad cerita kyk nenek yg lucu gt..?


  2. Ada neneknya si Shalon Rainsworth. Coba kamu baca dibagian “Rufus Barma”, “Where Am I ?!”, “Stray”, nggak begitu hapal nomor chapternya tapi itu judul chapternya.
    Kalau lucu, iya lumayan. Berhubung beliau cuma tokoh pembantu jadi munculnya juga jarang2.


  3. Pandora Hearts emang keren ^_^
    btw, bukannya Barma Family juga yg ngerencanain tragedi Sabrie yah??
    soalnya kan waktu itu si Vincent disuruh buka pintu menuju Abbys punya Baskerville sama si Miranda Barma…


  4. Anda benar… tapi benar-benar masih misteri. Ikuti terus manganya ya… jangan lupa untuk membeli manga versi Indonesianya untuk memberi dukungan pada Mochizuki-sensei (Mochisen).


  5. aaaa
    lom baca smua tapi dah ke bocor dkit T_T
    keren!!


  6. ak suka bgt sama pandora heart… malahan aq pnya dvd ny pluz juga komikny… pokokny aqu salu bgt ama pandora hert… Thanks


  7. sorry… tapi jika kamu ikut lewat manga scan-nya pasti seru untuk terus nunggu tiap bulannya. Keep on waiting from Mochi-sen ya!!


  8. Saya salut sama kamu yang punya DVD-nya. Tapi sangat salut sama Mochi-sen yang punya ide cerita semisterius itu sama seperti Carrol-san.


  9. Kereeen !
    Kau tau infonya dri mana ?
    Tpi di Dvdnya, akhr”a, b-rabbit nglawan Griffon (chain Zai Vessalius) and endingnya ga jelas.. ==


  10. Menarik. Walau udah baca manganya. and aku sudah nonton animenya. tapi aku masih bingung soal ALICE… sebenernya Alice B-Rabbit itu dulu Alice yang sifatnya dikenal oleh Jack atau yang tidak dikenal. Truz Jack kenalnya ama Alice Will of Abyss, tapi sekarang sepertinya sifat Alice B-Rabbit n Alice Will of Abyss ketukar yah??? kan Alice yang Jack kenal itu baik, suka warna putih, ceria, dll. tapi Alice Will of Abyss kurang baik, sinis,walau dia tetep suka warna putih. dan hal ini berbalik pada Alice B-Rabbit. dulu saat dia menjadi manusia, dia suka warna hitam, kejam, sinis,dll. atau Alice yang terbunuh di tragedi SABRIE itu Alice yang suka warna putih, baik, ceria, dll?? soalnya, di animenya, saat Alice terbunuh dia pake baju putih. aduh…. Lila bingng deeeeh!!! maaf pertanyaannya membingungkan!


  11. numpang tanya…
    umur Elliot berapa ya? 15 kah? atau lebih?


  12. Murid yang bersekolah di Latowigde (ラトウィッジ Ratowijji) berumur 15-18 tahun. Berarti umur Eliot sekitar 15-17 tahun. Karena Reo bilang untuk mengingatkannya berlaku sopan pada senior itu berarti dia lebih muda daripada Eida. Sementara Eida sendiri seorang prefek berarti dia murid senior.


  13. mungkin pandora hearts satusatunya manga yang “faktanya” slalu beruba di setiap volum-nya ..

    Aku copyy ya .. ^^


  14. lho, glen suka sama lacie? bukannya lacie itu adiknya glen?! yang suka lacie itu bukannya jack, ya???


  15. Ah, ya… Pandora Hearts itu memang nggak bisa ditebak.
    Waktu disangka pembunuh Alice itu vincent karena guntingnya ada disana, ternyata Alice yang membunuh dirinya sendiri dengan gunting.
    Lalu Oz yang ternyata B-rabbit dan Gil yang membelot dari Baskerville, etc, etc, etc.
    Tenang aja kita sama-sama menunggu hingga volume terakhir, oke?



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: